Manfaat Menulis di Blog

Why Blog?

Apa kabar semuanya? Semoga baik-baik semua dan sehat selalu serta dilimpahi Rahmat Allah. Amiin.

Maaf sebelumnya karna Abang sudah dua minggu belum muncul lagi disini. Bukan karna minat Abang menulis kacau atau tidak ada bahan tulisan lagi, tapi karna Abang lagi dalam masa ujian panjang akhir tahun di Madrasah Aliyah. Kesibukan mengulang pelajaran sampai tidak sempat menjenguk Blog Abang ini.

Insya Allah
pada kesempatan ini, Abang mau menjawab pertanyaan yang selalu muncul dalam benak saudara yang baru mulai menulis di Blog termasuk Abang. Sebuah pertanyaan yang seharusnya tudak kita pertanyakan lagi karna kita semua telah mengetahui jawabannya. Sebuah pertanyaan sederhana namun mungkin sulit untuk dijawab.

Apa manfaat menulis di Blog?
Tentu apapun yang kita lakukan jika memiliki niat yang baik akan mendapatkan manfaat yang baik pula. Demikian juga dengan menulis Blog. Sangat rugilah seorang Blogger yang tidak mengetahui manfaat dari dari menulis Blog. Alhamdulillah Abang punya beberapa jawaban untuk pertanyaan tersebut, dan juga Abang mengumpulkan jawaban dari teman-teman Abang yang memiliki Blog serta dari teman-teman Blogger lainnya.

Sarana Mengulang dan Berbagi Informasi dan Ilmu Pengetahuan.
Di dalam Blog kita tentunya menuliskan informasi-informasi baru atau ilmu-ilmu yang menarik untuk dibaca. Banyak juga Blogger yang menuliskan tips dan trik yang sangat bermanfaat. Bahkan ada juga Blogger yang menuliskan tugas sekolah mereka seperti makalah, karya tulis, puisi, cerpen serta karya berbentuk tulisan atau gambar lainnya dengan tujuan mengulang pelajaran mereka sekaligus berbagi ilmu. Hal ini sangat bermanfaat bagi Blogger tersebut sendiri maupun para pembaca Blog. Blog disini dapat menjadi sarana untuk mengulang pelajaran dan berbagi ilmu. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa suatu ilmu bagaikan sebuah pisau yang semakin tajam bila semakin diasah.

Mengasah Kemampuan Berbahasa dan Memaparkan Permasalahan.
Seorang Blogger harus benar-benar memahami sebuah informasi atau ilmu yang ingin dituliskan dalam Blognya. Kemudian Blogger juga harus menyusun kalimat dan sistematika pemaparan agar pembaca mudah memahami informasi atau ilmu yang dituliskan. Dalam aktifitas menyiapkan sebuah tulisan tersebut seorang Blogger telah mengasah ilmunya dan kemampuannya menulis serta kemampuan memaparkan suatu permasalahan.

Melatih Kemampuan Berkomunikasi dan Memperluas Pergaulan.
Mayoritas orang pendiam aatu tertutup susah untuk berkomunikasi dengan orang lain. Namun, orang yang pendiam cenderung lebih mudah untuk mengungkapkan sesuatu melalui tulisan. Mereka dapat memanfaatkan Blog untuk terus mengembangkan kemampuan menulis mereka dan mereka sekaligus dapat mempublikasikan tulisan mereka. Sehingga orang lain dapat membacanya dan memberikan tanggapan terhadap tulisan tersebut. Kemudian akan terjadi interaksi antara Blogger dan pembaca sehingga orang yang pendiam sekalipun dapat memperluas pergaulannya.

Meningkatkan Intelektual, kedewasaan dan Gairah Hidup.
Seorang Blogger tentu selalu berupaya untuk menyajikan informasi terbaru, sehingga akan memacunya untuk terus membaca, memahami, dan meneliti sesuatu. Pemikiran seorang Blogger akan semakin terbuka dan luas. Tiungkat kedewasaan seorang Blogger juga semakin meningkat, karna Blogger akan belajar untuk menghargai karya orang lain. Blogger juga akan belajar menilai sisi positif dari komentar dan kritikan dari pembaca. Seorang Blgger tidak akan sukses jika dia terjerumus hanya karna sebuah komentar yang kurang mendukung. Dengan meningkatnya intelektual dan kedewasaan, maka gairah hidup dan menjalani aktifitas sehari-hari akan lebih baik.

Jawaban Lainnya.
Abang juga mendapatkan beberapa jawaban lainnya, tapi Abang tidak memanjangkan pemaparannya karna Post kali ini sudah cukup panjang. Diantara manfaat menulis di Blog lainnya adalah menambah teman, meningkatkan gengsi, memiliki sebuah kebanggaan, menjadi terkenal dan popular, juga manfaat lainnya.

Cukuplah untuk kesempatan ini. Terima kasih bagi semua yang telah membaca Post Abang kali ini. Selalu ikuti Blog Abang ini dan jangan lupa tinggalkan komentar untuk menjaga silaturrahmi kita. Abang akhiri tulisan kali ini dengan sebuah pertanyaan.

Apa Manfaat Menulis di Blog yang Telah Anda Rasakan ?


Komentar

Postingan Populer