Marhaban Yaa Ramadhan

Beberapa hari lalu kita mulai menyaksikan beberapa iklan sirup di tv. Itu adalah salah satu fenomena yang selalu terjadi setiap bulan Ramadhan. Dengan adanya iklan sirup kita tau sebentar lagi Ramadhan akan segera datang.


Ramadhan ?
Iya, Ramadhan. Bulan yang selalu ditunggu-tunggu umat islam seantaro dunia. Bulan yang membawa berbagai berkah dan nikmat. Bulan yang penuh dengan keceriaan. Bulan yang penuh dengan pahala yang melipat ganda. Bulan dimana semua setan yang mengganggu manusia Allah belenggu. Bulan dimana manusia membuktikan keimanannya dengan berperang melawan nafsunya sendiri yang merupakan musuh terbesar manusia. Bulan dimana manusia bisa membuktikan bahwa manusia lebih tinggi dari malaikat karna manusia mampu menaklukkan nafsunya.

Ramadhan bukan bulan libur panjang. Ramadhan bukan bulan bermalas-malasan. Ramadhan buka bulan diet atau bulan makan banyak dan enak. Ramadhan bukan bulan tidur siang malam. Ramadhan bukan bulan menunggu bukaan gratis yang dibagikan. Ramadhan bukan bulan bermain mercon ketika shalat tarawih. Ramadhan bukan bulan mengumpulkan tanda tangan imam shalat. Ramadhan bukan bulan bergadang sepanjang malam mengerjakan hal yang tidak bermanfaat.

Histeria Ramadhan ?
Selalu ada kesibukan tersendiri dalam menyambut datangnya bulan seribu malam ini. Ibu-ibu mulai membersihkan rumah, mengeluarkan piring-piring dan gelas-gelas yang telah lama disimpan, menyiapkan berbagai menu yang khusus untuk berbuka puasa, membeli kurma dan lain-lain. Bapak-bapak mulai rapat untuk membentuk paniti penyelenggara kegiatan Ramadhan di kampong. Anak-anak mulai menyimpan buku pelajaran karena libur panjang telah tiba, mengeluarkan berbagai permainan yang mereka gunakan untuk mengisi hari-hari mereka selama libur sebulan lebih.

Masyarakat bergotong royong membersihkan kampong dan menasah. Bilal menyiapkan tempat untuk berbuka bersama. Panitia mesjid menyusun jadwal imam, muezzin dan penceramah. Para penceramah menyiapkan bahan dan jadwal untuk mengisi ceramah diberbagai mesjid dan menasah. Semua bersiap untuk menyambut Ramadhan Mubarrak.

Marhaban Yaa Ramadan!

Pada akhir bulan Ramadhan tahun lalu kita bedoa agar Allah memberikan kesempatan untuk bertemu kembali dengan Ramadhan tahun depan. Alhamdulillah sekarang tidak sampai sebulan lagi kita akan kembali menyambut Ramadhan. Jadikan Ramadhan yang akan dating lebih baik dari Ramadhan yang telah berlalu. Jangan biarkan sedikitpun kesempatan untuk mendapatkan pahala dan berkah yang berlipat ganda terlewatkan dengan sia-sia. Kendalikan nafsu! Perbanyak membaca Al-Quran! Perbanyak amalan sunnah! Gapai Rahmat Allah!

Komentar

Postingan Populer