Kegiatan Wajib Selama Ramadhan

Ramadhan telah tiba. Pasti ada kegiatan khusus yang kita lakukan selama bulan Ramadhan. Abang punya beberapa saran kegiatan yang harus kita lakukan selama bulan Ramadhan agar kesempatan yang sangat indah ini dapat kita nikmati semaksimal mungkin. 


1. Shalat Berjamaah.

Ramadhan adalah waktu untuk memaksimalkan ibadah, selain tarawih dan witir berjamaah yang rutinitas kita lakukan kita harus memaksimalkan shalat wajib lima waktu. Jika biasanya kita mengerjakan shalat sendiri di rumah, maka di bulan Ramadhan ini kita bersiap lebih cepat untuk shalat berjamaah di mesjid agar mendapat 27 kelebihan.

2. Baca Al-Quran
Jika dibulan lainnya satu huruf Al-Quran yang kit abaca bernilai 10 maka dibulan Ramadhan ini satu huruf Al-Quran yang kit abaca bernilai 100 bahkan lebih. Jika kita tidak memanfaatkan kesempatan ini maka sungguh kita adalah orang-orang yang rugi. Dibulan yang mulia ini setiap mesjid pasti punya kegiatan tadarus Al-Quran setiap malam untuk menghidupkan malam Ramadhan. Namun, apabila kita tidak sanggup untuk berjaga dimalam hari, jangan khawatir! Biasakan saja membaca Al-Quran setiap selesai shalat fardhu. Apa bila kita membaca minimal 4 halaman Al-Quran setiap selesai shalat maka insya Allah dalam waktu satu bulan kita telah mengkhatamkan Al-Quran.
  
 3. Perbanyak sedekah.
Sama seperti ibadah lain yang berlipat ganda pahalanya dibulan yang suci ini, mari sama-sama kita memperbanyak sedekah. Tidak hanya sedekah, mari sama-sam kita juga memperbanyak zikir, iktiqaf dan amalan sunnah lainnya. 

4. Tidur?
Kenapa tidur? Karna tidurnya orang yang berpuasa adalah ibadah, dan setiap hembusan nafasnya adalah zikir. Tapi bukannya tidur mulai subuh hingga maghrib. Tidurlah secukupnya. Karna tidur yang berlebihan dapat menyebabkan penyakit dan juga akan mengurangi nilai puasa. Tidur dalam berpuasa memang ibadah, namun beribadah dalam berpuasa lebih mulia bukan ?

Itulah beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk memaksimalkan kesempatan dibulan Ramadhan ini. Semoga kita semua dapat menikmati Ramadhan tahun ini hingga selesai dan dapat berjumpa kembali dengan Ramadhan tahun depan. Amiiin.

Komentar

Postingan Populer