Kemeriahan Ramadhan


Ketika Ramadhan datang tentu suasana akan berubah. Bahkan perubahan tersebut terlihat jelas. Mungkin menjadi kemeriahan tersendiri yang hanya terjadi di bulan Ramadhan. Abang menemukan empat kemeriahan khusus, mungkin ada yang menemukan fenomena lainnya silahkan tambahkan dalam kolom komentar.

1.       Subuh Ramai
Dapat dipastikan ketika Ramadhan jamaah shalat subuh di mesjid akan lebih ramai daripada jamaah subuh ketika bulan lainnya. Hal ini dapat terjadi karena beberapa faktor, diantaranya : semangat ibadah yang meningkat karna berbagai alasan seperti berlipat gandanya fahala atau hanya karna diajak oleh kawan-kawan, tidak tidur lagi setelah sahur, tidak ada setan yang menggoda, atau hanya karna ingin menikmati suasana subuh dengan berjalan-jalan setelah shalat. Dengan berbagai alas an masing-masing suasana subuh Ramadhan menjadi semakin ramai. Kita berdoa semoga subuh yang ramai membawa berkah dan tetap bertahan hingga diluar Ramadhan.

2.       Pagi Indah
Ketika matahari terbit dibulan Ramadhan, pagi terasa lebih indah dan tenang. Jika kita berjalan-jalan sejenak maka kita akan melihat bahwa pagi hari dibulan Ramadhan lebih sepi dari biasanya. Beberapa penyebabnya adalah : aktifitas sekolah libur, masyarakat memulai hari lebih lambat daripada hari lainnya, malas beraktifitas, atau masih tertidur karna tidur lagi setelah shalat subuh. Karna sedikit yang beraktifitas, pagipun terasa indah dan udara lebih segar. Jadi menikmati fajar dibulan Ramadhan adalah suatu hal yang sangat menyenangkan.

3.       Sore Kuliner
Berburu takjil berbuka merupakan aktifitas yang sangat menyenangkan sambil menunggu waktu berbuka. Pasar dadakan ketika bulan Ramdhan telah menjadi adat. Berbagai takjil untuk berbuka disediakan oleh berbagai pedagang musiman atau pedagang dadakan yang erlatar elakang berbagai profesi. Wisata kuliner Ramadhan ini membawa berkah bagi semua muslim.

4.       Malam Terang.
Percaya atau tidak malam bulan Ramadhan terasa lebih terang daripada malam bulan lain. Suasana malam juga terasa lebih nyaman. Hal ini disebabkan karna lantunan-lantunan ayat suci Al-Quran yang terus beralun di mesjid-mesjid. Mungkin malam terasa lebih tidak ‘menakutkan’ karna setan-setan yang biasanya menganggu kita sedang terikat.

Itulah kemeriahan Ramadhan yang selalu Abang dapatkan setiap tahunnya. Sekian dan Terima Kasih!!

Komentar

Postingan Populer