Nishfu Sya'ban

Assalamu’alaikum sahabat sekalian. Mala mini adalah malam final, yaitu malam ditutupnya buku catatan amal kita selama satu tahun dan diganti dengan buku catatan baru. Malam ini, semua catatan amal yang telah kita lakukan mulai 15 Sya’ban tahun lalu telah rampung dan akan digantikan dengan buku catatan baru.

Pada kesempatan ini mari kita melunasi hutang kita kepada Allah. Ibadah yang tertinggal segea qadha. Nazar yang belum terbayar segera lunasi. Perbanyak istighfar dan mohon ampun agar dapat sedikit mengurangi dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat selama satu tahun. Kemudian mohon maaflah sesame manusi. Lunaskan janji dan hutang. Agar berhenti aliran dosa karna kesalahan dengan manusia akan terus dicatat hingga mendapatkan maaf dan ridha dari oang yang bersangkutan.
Kemudian mari kita mulai buku catatan amal baru kita dengan amal kebaikan. Perbanyak zikir dan shalat malam. Jagalah agar buku catatan baru kita yang masih bersih tidak ternodai dengan kejelekan. Mari kita penuhi buku amalan baru kita dengan amal-amal kebajikan selama satu tahun kedepan. Mari sama-sama kita saling mengingatkan untuk keselamatan kita bersama.

Malam ini, mari sama-sama kita renungkan kesalahan apa yang telah kita perbuat selama satu tahun terakhir. Ketika kita tidak mendengar azan, ketika kita melalaikan waktu shalat, ketika kita meninggalkan jamaah, ketika kita luput dari mengingat Allah, ketika kita tidak menyentuh Al-Quran, ketika kita melihat sesuatu yang tak patut, dan ketika kita khilaf. Mari sama-sama pada mala mini kita mengingat hutang dan janji yang belum terlunasi. Mari sama-sama kita ingat ketika kita bedusta, ketika kita menghibah saudara kita, ketika kita melukai hati dan perasaan saudara kita, dan ketika kita tidak menghormati guru kita. Mari sama-sama kita renungi semua yang telah kita lakukan untuk menjadi pelajaran bagi kita dan menjadi perbaikan kedepannya. Semoga semua kesalahan dan kekhilafan yang telah kita lakukan tidak terulang lagi. Amiiin.


Malam ini, mari sama-sama kita merencanakan apa yang akan kita lakukan untuk meningkatkan ibadah kita. Berapa rakaatkah shalat sunnah yang harus kita lakukan sehari semalam? Berapa banyakkah harta yang harus kita sedekahkan? Berapa anak yatim yang harus kita santuni? Berapa ayatkah Al-Quran yang haruf kita baca? Berapa banyakkah ilmu yang harus kita pelajari? Berapa ribukah zikir yang harus kita tunaikan selama satu hari satu malam? Mari kita menargetkan dan merencanakan apa saja yang akan kita lakukan untuk meningkatkan ibadah kita dan semakin mendekatkan kita kepada Sang Khaliq.

Komentar

Postingan Populer