Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Ketika Ujian


Post ini adalah kelanjutan dari dua post sebelumnya yaitu Kunci Sukses Menghadapi Ujian dan Kunci Sukses Menghadapi Soal UjianTentu ada juga beberapa hal yang tidak boleh kita lakukan saat ujian. Diantaranya tidak boleh makan dan minum, tidak boleh bermain game, tidak boleh menendang bola, tidak boleh memancing, tidak boleh memanah, tidak boleh berkuda, tidak boleh minum racun tikus, tidak boleh memotong jari dan
larangan lainnya.


Jangan Menyontek.
Ilustrasi Kerja Sama Menjawab Soal Ujian
Larangan tegas yang Abang berikan adalah dilarang menyontek. Karna menyontek adalah perbuatan yang dilarang. Menyontek mencerminkan sikap yang tidak jujur dan juga tidak percaya diri. Setelah menyontek maka kita tidak lagi dapat berfikir optimal dan maksimal. Jadi, jika memang berniat untuk menyontek maka menyonteklah ketika telah berusaha menyelesaikan seluruh soal dengan semaksimal mungkin dan menyonteklah ketika waktu untuk menjawab pertanyaan telah habis. Karna diwaktu itu kita akan lebih mudah mengingat jawaban yang diberikan oleh teman. Namun sayangnya pada waktu itu kita tidak bisa menuliskan jawabannya lagi di lembar jawaban.

Jangan Meremehkan.
Ketika telah menjawab soal dan merasa soalnya mudah, maka jangan pernah meremehkan soal. Karna seketika setelah meremehkan soal, otak tidak lagi focus untuk menjawab soal. Otak akan terpogram agar tidak memaksimalkan potensinya untuk menjawab soal. Ingatlah dengan baik, walaupun kita menganggap soal tersebut mudah tapi masih ada kawan kita yang meras kesulitan untuk menjawab soal yang mudah bagi kita.

Jangan Sombong.

Setelah belajar semalam penuh untuk menghadapi ujian dan meras siap, jangan pernah meras sombong dan mampu menjawab seluruh pertanyaan dengan baik dan benar. Jangan pernah berfikiran kita telah belajar ketika kawan kitab yang lain tertidur sehingga kita lebih baik dari pada mereka. Ingatlah kawan! Ilmu itu cahaya Allah. Allah tidak akan memberikan cahayanya kepada orang yang sombong. Karna Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong. Sombong adalah pakaian Allah. Tidak ada satu alasanpun seorang manusia dan makhluk apapun untuk sombong. Semua ilmu dan pelajaran yang telah kita pelajari dapan dengan mudah hilang hanya karna setitik kesombongan dalam hati kita. Jadi hindari sejauh mungkin sifat sombong kawan.

Demikianlah hal0hal yang harus dihindari ketika ujian. Lebih dan kurang Abang mohon maaf. Selanjutnya Abang tutup dengan sebuah pertanyaan.

Pernahkah kalian menyontek ketika ujian ?

Komentar

Postingan Populer