Kunci Sukses Menghadapi Soal Ujian

Setelah melakukan persiapan yang matang sebelum menghadapi ujian seperti yang telah Abang jelaskan sebelumnya dalam post Kunci Sukses Menghadapi Ujian maka kita akan siap menghadapi ujian. Abang punya beberapa Tips dan Kiat untuk menjawab soal ujian. Dan seperti yang telah Abang janjikan sebelumnya, ada satu bagian lagi yaitu Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Ujian. Tapi, sebelumnya simak dulu bagian ini.

Ilustrasi Menjawab Soal Ujian


Baca Keseluruhan Soal.
Hal pertama yang harus kita lakukan diuang ujian adalah memastikan bahwa nama dan identitas kita telah tertulis, sehingga diakhir nanti tidak terganggu dengan kesalahan identitas. Kemudian setelah memastika semuanya aman, bacalah seluruh soal secara umum. Tentukan soal mana yang mudah dan dapat dikerjakan dengan cepat. Tandai soal yang agak rumit dan sulit. Tandai juga soal yang sama sekali tidak kita ketahui jawabannya.

Kerjakan Soal yang Mudah.
Kemudian kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu. Setelahnya soal yang lebih susah. Terus hingga soal yang semakin rumit. Kerjakan semuanya secara bertahap. Jika tedapat sedikit kendala, maka tinggalkan dan lihatlah soal lain. Kita masih perlu sedikit pemanasan sebelum mulai berperang. Jangan paksakan otak, biakan dia bekerja perlahan.

Menghadapi Soal yang Sulit.
Setelah mengerjakan seluruh soal yang mudah, istirahatlah sebentar. Kemudian mualilah focus untuk menghadapi soal yang sedikit rumit. Jangan terburu-buru. Tetap tenang dan nikmati soal dihapan kita. Cobalah untuk memecahkan soal tersebut sebanyak tiga kali. Jika masih belum bisa juga, maka biarkan saja dan kategorikan sebagai soal yang tidak dapat di jawab.

Menjawab Soal yang Tidak Bisa Dijawab.

Ketika yang tersisa adalah soal yang tidak bisa dijawab, istirahatlah sejenak. Coba hitung-hitung berapa banyak soal mudah yang telah terselesaikan dan berapa banyak soal susah yang telah terjawab. Bandingkan dengan soal yang belum terjawab. Tenanglah dan jangan lagi berfikir untuk menjawabnya. Cukup gerakkan tanggan kita untuk menuliskan apa yang ada didalam pikiran kita. Percayalah jika kita telah pernah mempelajainya tentu kita masih menyiskan sedikit percikan tentang pembahasannya, jadi biarkan jawabannya mengalir seperti air. Karna pada saat ini otak kita pasti telah mengingat lebih banyak pelajaran daripada yang kita sadari. Otak kita telah terangsang dengan berbagai soal mudah dan susah sebelumnya. Setidaknya jawaban yang sbelumnya tidak dapat kita jawab telah kita jawab. Dan ada kemungkinan jawaban kita benar walaupun tidak sempurna. Dan jangan pernah pikirkan lagi apalagi mengeluh dengan jawaban kita. Karna semuanya telah terjadi. Dan terimalah apapun hasilnya dengan lapang dada karna demikianlah kemampuan dan usaha kita. Jika mendapat nilai yang tinggi jangan sombong dan bersyukurlah. Dan jika belum mendapatkan nilai yang tinngi sadarlah bahwa kita masih kurang keras belajar.

Demikianlah Kunci Sukses Menghadapi Soal dari Abang. Lebih dan kurang Abang mohon maaf. Selanjutnya Abang tutup dengan sebuah pertanyaan.

Bagaimana Kunci Sukses Kalian Menghadapi Soal Ujian ?

Komentar

Postingan Populer