Kunci Sukses Menghadapi Ujian

Alhamdulillah, senang rasanya bisa kembali meluangkan waktu untuk menggerakkan jemari untuk menuliskan beberapa kata yang kiranya dapat bermanfaat bagi kita semua. Abang lagi dalam masa-masa ujian sekarang, tapi disela-sela waktu ujian ini Abang mau bebagi beberapa kunci sukses menghadapi ujian. Berikut ini adalah kunci sukses Abang dalam menghadapi ujian, yang kiranya dapat diambil dan diamalkan Abang persilahkan dengan senang hati. Untuk yang tidak dapat diambil silahkan ditinggalkan untuk Abang.

Ilustrasi Siap Menghadpi Ujian
Karna sedikit panjang, jadi post tentang Kunci Sukses Menghadapi ujian ini abang bagi jadi 3 post. Yang pertama adalah persiapan sebelum menghadapi ujian yang akan kita bahas dalam post ini.
Kemudian dilanjutkan dengan post Kunci Sukses Menghadapi Soal Ujian dan Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Ujian.

Persiapan.
Tentu saja kunci utama untuk sukses adalah persiapan yang matang. Seorang prajurit akan mati sia-sia jika bertempur tanpa persiapan. Ada beberapa persiapan yang harus kita lakukan sebelum menghadapi medan pertempuran mengalahkan berbagai soal.

Persiapkan Diri dan Mental.
Persiapan pertama dan yang paling utama adalah diri sendiri dan mental tentunya. Persiapan diri bukan dimulai saat akan melaksanakan ujian, namun diri kita harus dipersiapkan jauh hari sebelum ujian. Perlu Abang tegaskan bahwa belajar bukan waktu ujian. Kita harus mengikuti pelajaran dari hari pertama sekolah hingga akhir. Tidak pernah ada istilah belajar semalam untuk ujian. Percayalah pada diri sendiri. Kita berangkat ke sekolah setiap pagi. Kita membuka buku pelajaran setiap waktu belajar. Kita memperhatikan guru yang menjelaskan. Kita mendengar setiap penjelasan guru. Kita melihat gerakan tangan guru saat menjelaskan. Bahkan walaupun kita tidak memiliki kecerdasan yang tinggi, sedikit tidaknya pasti ada sesuatu ilmu yang melekat atau tersangkut di dalam hati kita. Jadi persiapkan diri dan mental! Percayalah Kita pasti bisa.

Ulang Kaji Pelajaran yang Diujiankan.
Jelas jika malam ujian semua pasti belajar. Namun perlu Abang tegaskan sekali kali, malam ujian bukan waktunya untuk belajar. Malam ujian adalah untuk sedikit mengulang pelajaran yang telah diajarkan. Luangkan waktu sejenak untuk membuka-buka buku pelajaran, terutam buku catatan. Cobalah untuk mengingat sebanyak mungkin tentang cacatan yang telah kalian tulis. Bayangkan kapan kalian menulis catatan tersebut. Bayangkan bagaimana suasana kelas saat kalian menulisnya. Banyangkan semua yang dapat kalian lihat, kalian dengarkan dan kalian rasakan.

Berdoa.
Tentu doa adalah factor yang menentukan. Tanpa ridha Allah, apapun yang kita usahakan tidak akan terwujud. Perbanyaklah mengingat Allah. Perbanyaklah membaca Al-Qur’an. Perbanyak do’a kepada-Nya. Mohonlah pertolongan dan kemudahan dari Allah. Jangan sombong!

Optimis.

Optimis dan yakinlah kalau kita telah melakukan sebaik mungkin yang dapat kita usahakan. Yakinlah kita akan mendapat hasil yang baik dan memuaskan. Yakinlah kita akan mendapatkan manisnya dari usaha kita. Yakinlah bahwa apa yang kita dapatkasn setimpal dan seimbang dengan usaha kita. Setelah berusaha dan berdoa tinggallah Allah yang menentukan semuanya.

Demikianlah Kunci Sukses Menghadapi Ujian dari Abang. Lebih dan kurang Abang mohon maaf, dan Abang tutup dengan sebuah pertanyaan.

Apa Kunci Sukses Menghadapi Ujian Kalian ?

Komentar

Postingan Populer